top of page

Mengapa Orang Indonesia Harus Jujur



Laguboti PultakMedia- Sejak kita masih kecil kita mulai menerapkan budaya tidak jujur. sebagai contoh yaitu bilang orang tua kita ke sekolah tetapi cabut, berbohong tentang nilai ulangan Dan Lain Lain. Budaya tidak jujur atau bohong sangat berbahaya tetapi ada juga keuntungan nya walau harus melihat kondisi.

Apa itu bohong dan mengapa berbahaya?


Menurut KBBI bohong adalah " menyatakan yang tidak sesuai dengan hal (keadaan dan sebagainya) yang sebenarnya; dusta"

Sikap tidak jujur dan berbohong berbahaya karena bisa menghambat pengetahuan individu kelompok atau siapapun yang menjadi korban yang dibohongin, dan jika ketahuan maka kepercayaan orang akan berkurang kepada anda (jika anda yang membohongin mereka)

dan juga menurut agama Kristen, Islam, Hindu, Buddha sikap tidak jujur dan bohong merupakan sikap yang berdosa


Contoh sikap tidak kejujuran yang bahaya




Hoax ( informasi yang menyesatkan) merupakan cabang dari sikap bohong atau ketidakjujuran tentang sesuatu, hoax bisa menyesatkan orang dan mnembodohi mereka bagi yang pengetahuan nya belum luas makin gampang dibohongin melalui hoax karena mereka cenderung mudah untuk percaya.




Korupsi- Korupsi merupakan salah satu tindakan yang memperlambatkan perkembangan negara kita, khususnya pada pembangunan infastruktur. Mengapa korupsi termasuk sikap ketidakjujuran karena mereka tidak jujur tentang penghasilan mereka, yang seharusnya gaji nya 15 Juta Rupiah rupanya yang mereka miliki 30 Juta Rupiah dengan 15 Juta Rupiah dari hasil korupsi dan juga untuk para lembaga pembangunan mereka dikasih 50 Juta Rupiah mereka korupsi uang sehingg a uang yang seharusnya untuk pembangunan dijadikan untuk kepentingan pribadi. Korupsi merupakan salah satu penghambat Indonesia untuk menjadi negara maju jika semua uang yang dikorupsikan dijadikan untuk yang sebenarnya pasti Indonesia menjadi negara maju.




Menyontek- Walau tidak terlihat begitu berbahaya menyontek merupakan salah satu contoh ketidak jujuran yang bisa menhambat pengetahuan guru terhadap muridnya dan juga jika hasil contekan murid bisa backfired karena kalau di tanding lagi dengan pengawasan yang ketat bakal ketahuan. Tetapi kalau mereka jujur, guru bisa mengetahui tentang kelemahan muridnya guru bisa mengajar muridnya kembali dan murid bisa berprestasi dengan hasil keringat sendiri tidak bergantung dengan jawaban orang lain.


Dengan demikan lah beberapa contoh sikap ketidakjujuran, sikap ketidak jujuran bisa menghambat perkembangan pengetahuan orang, pembangunan negara dan menyesatkan beberapa orang. Kita harus usahakan membuang sikap sikap kita yang bersifat negatif, kita harus berusaha sejak dari kecil menanamkan sikap kejujuran kita agar Indonesia dan pribadi dan kepercayaan kepada kita orang lebih baik.


Sekian dan terimakasih dari tim PultakMedia

26 views0 comments

Recent Posts

See All

Pengunguman

Diperbolehkan para pembaca PultakMedia untuk mempublish Cerita, Artikel DLL. Karya anda boleh dikirim di DM Instagram yang paling bawah website atau email reyhizlum@gmai.com dan davinabielginting@gmai

bottom of page